ARTI “ROHANI”

Satu ketika seorang teman bercerita tentang seseorang yang kami akui sama-sama sebagai “orang yang njelimet”. Kalau diajak bicara, “njelimet dot com” ujung-ujungnya. “Orangnya ribet lah pokoknya. Begitu bukan?” tanya saya ke teman dan diiyakan. “Betul!” gitu jawabnya. Berarti penilaian saya bukan sekedar subyektif.

Saya pernah memberi masukan sesuatu ke orang yang sama, dan dijawab dengan jawaban yang buat saya seperti jawaban “penangkal petir”… hehe… pokoknya begitulah… ujung-ujungnya njelimet.

“Tapi dia ‘rohani’ kok,” lanjut temen saya.

Ehm.. Rohani? Diajak bicara aja njelimet gitu, rohanikah?
Bukannya arti kata “rohani” adalah orang yang bisa menempatkan roh, jiwa dan tubuhnya dalam posisi “seimbang” ya?

Maksudnya begini, jangan cuma terlihat “jago berdoa”, “rajin ibadah”, “suka ngotbahin orang”, tapiiii begitu diajak bicara, itu tadi, njelimet. Orang yang sama juga termasuk orang yang suka “cari aman”, jadi “nggak bisa membela anak buahnya”. Waduuuhhh, seperti itu sih “rohani”-kah?

Ehm, kalau seseorang jago berdoa, dia juga harus memraktekkan “doa-doanya” (berdoa itu adalah mendoakan orang lain, selain diri sendiri. Jadi kalau jago berdoa, tapi nggak mau membela anak buah, hmmm…. Kok jadi bingung apa arti kata “jago berdoa”).

Dan kalau seseorang “suka ngotbahin orang lain”, maka seharusnya dia juga bisa mendengar “kotbah” orang lain. Tapi… kalau diajak bicara aja njelimet…?

Kesimpulannya, seseorang bisa dicap rohani, setelah dia punya kehidupan/manifestasi roh, jiwa dan tubuh yang seimbang, maksudnya memberikan perhatian seimbang kepada keutuhan pribadinya yang terdiri dari roh, jiwa dan tubuh… Setidaknya belajar dan terus belajar untuk jadi “seimbang”…Begitu… (tapi kalau diajak bicara aja njelimet… bisa belajar gak ya??)

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s