Don’t judge a book by its cover

Sore ini, dari ketinggian 10 lantai saya memandangi sesosok pria yang berjalan bersama teman-temannya ke arah gedung dimana saya berdiri (memandangi dia). Baru Jumat, 23 April 2010 lalu, saya mengenal bahwa pria tersebut tidak “menyeramkan” seperti ketika saya melihat wajahnya pertama kali.

Hmm… ternyata dia adalah salah satu sosok pria “berhati Rinto bermuka Rambo”! Saya pun membayangkan, seandainya berada dalam satu kendaraan umum dengan dia, let’s say, bis/bemo, saya akan secepatnya turun walaupun belum sampai tujuan. Tapi Jumat itu, saya mengerti bahwa “wajahnya yang seram” tidaklah sama dengan kepribadiannya yang… selembut “Rinto”. Ah!

Saya jadi teringat beberapa tahun lalu, waktu masih sekolah. Nyaris saya batal memasuki kendaraan bemo yang sudah terlanjur di-stop oleh kakak.

“Eh!! Jangan masuk!” kata saya sambil menarik lengan kakak.

“Kenapa? Nggak apa-apa!” gitu kata kakak saya. Dan dengan berat hati saya menaiki bemo yang melanjutkan perjalanan setelah kami berdua masuk dan duduk bersama bapak tadi. “Ooo..seraaamm!”

Saya yang sepanjang perjalanan merasa was-was akhirnya harus menahan malu.

Si Bapak turun di tempat sama dengan kami. Dan, rupanya bapak tersebut tinggal dekaaatt dengan kami, hanya tidak satu komplek.

“Tuuu kaaann!! Tadi dah gua bilang gak papa!” kata kakak saya lagi. Dan saya pun malu-malu kucing… Asli malu pokoknya melihat si bapak menatap saya dengan tatapan ramah, tidak seperti tebakan saya waktu pertama kali melihat sosoknya di bemo yang diberhentikan oleh kakak. Haduuuhh…!

Dan selepas Jumat itu, saya mengerti bahwa kepribadian seseorang tidak bisa dinilai dari “tampak luar”nya saja. Istilah kerennya, “Don’t judge a book by its cover!” Yeah! Kiranya saya bertindak “fair” terhadap semua orang dan tidak langsung menebak yang buruk hanya melihat sekilas “tampilan” orang lain. Forgive me, God…

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Relationship. Bookmark the permalink.

One Response to Don’t judge a book by its cover

  1. ika says:

    Tak kenal maka tak sayang eh…tak senang..xi xi xi

Leave a Reply

