Selembar Uang Ijo!

“Mau turun dimana non?” tanya seorang ibu yang baru naik dan duduk di sebelah kanan saya di bis.
“Ujung Bu! Di pos ujung!” jawab saya.

Dia senyum-senyum agak “penuh arti”, dan saya jadi agak bingung, ini Ibu mo ngapain ya?

Tidak berapa lama dia cerita-cerita dengan kalimat yang byar-pet alias kadang jelas kadang enggak.

Menurut pendengaran saya, dia bilang bahwa ongkos bis yang cuma dua ribu dan sudah dia kasih ke kenek bis tadi adalah uangnya yang terakhir.

“Saya belum makan dari kemarin non. Perut saya sakit,” katanya. (Bodinya sih gemuk lhooo…). Dia sempat menyebut kata “bangkrut”…
Walaaahhh usahawan rupanya, karena kalau karyawan gak mungkin “bangkrut”, paling parah ya “di-PHK”.

Saya jadi agak gimanaaa gitu.

“Memang Ibu mau kemana?” tanya saya.
“Kelapa Gading, non!”
“Kelapa Gadingnya mana?” tanya saya lagi.
“Itu belakang pasar, nanti naik yang mobil kecil warna merah itu…” jawabnya.

Saya mikiiirrr… lalu…

“Nih bu. Buat ongkos.” Dan saya memberinya selembar uang warna ijo.
“Makasih non!” katanya masih dengan senyum yang sama.
“Saya juga mau ke Kelapa Gading,” kata saya yang memang sudah mau sampai di tujuan. Maksudnya saya ngajak turun bareng, begituu…

Kami pun menyebrang jalan bersama-sama. Daaan…

“Mari bu!” kata saya buru-buru berjalan ke arah sopir mikrolet yang sudah menunggu dengan setia (hehehe….lebay).

Sesampainya di mikrolet, saya mencari sosok ibu itu…
“Lho?! Kok gak ada? Kemana tuh Ibu? Katanya mau naek angkot merah, arahnya harusnya sama ama saya… tapi kok gak ada?” kata saya dalam hati.

Yaaa sudahlah.
Apalah artinya selembar uang ijo buat saya, kalau memang ternyata amat sangat berarti buat si ibu itu…. Sekalipun dia berbohong….

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

