Genuine Worship

Saya suka dengan penjelasan seorang teman bahwa penyembahan kepada Tuhan itu haruslah genuine.

Saya membuka kamus dan mendapatkan arti “genuine” yang cukup lengkap, sbb: asli, sungguh2, ikhlas, sejati, tulen. Kalau kita melihat barang dari kulit, dan tertera tulisan “Genuine Leather”, artinya, kulit asli! (asal yg berani mencap “genuine leather” tadi bukan tuti alias tukang tipu ya…).

Maksud penjelasan teman saya adalah begini: bahwa masing-masing pribadi manusia punya temperamen, karakter, dan kepribadian yang beda-beda. Jadi lebih baik punya gaya menyembah/memuji Tuhan yang keluar dari diri sendiri dengan segala kepribadian masing-masing. Jangan meniru gaya orang lain.

Contoh: waktu orang lain jingkrak-jingkrak dalam memuji Tuhan dan ekspresif, biasanya orangnya memang seperti itu, terbuka dan ekspresif. Melihat mereka, biasanya kita akan berpikir, “Wah! Dia sungguh-sungguh tuh memuji Tuhan!” Waktu orang lain hanya kul-kul saja (cool), dan kita pun melihatnya sebagai “tidak sungguh-sungguh”. Padahal sesungguhnya, penyembahan itu datangnya dari hati, bukan yang tampak luar.

Terlepas dari berbagai gaya penyembahan yang pernah diajarkan kepada saya di gereja, entahkah itu angkat tangan, sujud menyembah, bertepuk tangan, dll, tetap saja lebih nyaman melakukan semuanya itu dari hati alias asli. Gak perlu ikutan lompat-lompat kalau memang kita bukan orang yang ekspresif. Memaksakan diri untuk seperti orang lain dengan gaya mereka yang ekspresif? Sepertinya tidak perlu… Tuhan tahu apakah kita menyembah DIA sungguh-sungguh, atau cuma tampak luar….

Dan Tuhan telah berfirman: “Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan… (Yesaya  29:13)

God knows what is inside our heart…. Apapun gaya kita memuji dan menyembah Tuhan, lakukanlah itu dengan hati yang tulus, asli, sungguh2, ikhlas, sejati, tulen…. Apakah itu ditambah dengan loncat-loncat, sorak-sorai, atau hanya cool….no problemo!

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Relationship. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s