Berita atau Fitnah?

Seorang teman saya punya anjing. Satu hari, anjingnya mengalami “kecelakaan”. Sebuah jepit rambut anak kecil tertelan ke perut si anjing. Teman saya pun membawanya ke dokter. Di sana si anjing diberi cairan, agar jepit rambutnya bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus membedah isi perut. Dan selamatlah si anjing.
Tapi karena versi cerita tadi dilempar ke forum “tidak serius”, maka teman2 forum pun nimbrung yang enggak-enggak.

Bahkan ada satu cerita baru kreasi teman forum yang berkata bahwa, “Si majikan anjing sangat sadis. Anjingnya dibiarkan kelaparan, sampai akhirnya memakan jepit rambut anak kecil. Dan bukannya diberi makanan, si anjing malah dipaksa untuk mengeluarkan jepit rambut itu dengan cara membawanya ke dokter. Si anjing dipaksa meminum cairan mengerikan dari dokter, supaya bisa memuntahkan kembali jepit rambut tersebut. Benar-benar majikan yang sadissss…”

Kalau kita mendengar cerita di atas, dan tidak tahu mana sumber yang benar alias bisa dipercaya, kira-kira kita akan memercayai yang mana? Dua-duanya masuk akal. Tapi, jauh lebih asik mendengarkan cerita “bombastis” versi kedua, yaitu majikan anjing yang sadis…
Padahal justru cerita kedua itu yang murni rekayasa dan bahkan berbau fitnah.

Hmm… di dunia ini, setiap orang punya cerita versi masing-masing. Dan karena dunia ini tidak hanya dipenuhi oleh orang-orang berhati lurus saja, maka satu cerita benar, bisa dibelokkan sedemikian rupa oleh orang-orang berhati bengkok dengan alasan dan tujuan tertentu yang biasanya sih untuk keuntungannya sendiri. Apakah itu demi popularitas pribadi, demi meraup keuntungan materi bejibun, atau motivasi “egois” lainnya.

Makanyaaa…. kalau mendengar cerita atau membaca berita, sebaiknya Jangan langsung percaya/menelan bulat-bulat (kotak-kotak aja… ), sekalipun itu dari sumber media cetak/elektronik yang beken. Ingat, jangan langsung percayaaa…. Atau bahkan ikutan terhasut… lalu bikin tindakan “memalukan” karena memercayai berita yang salah…..

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

3 Responses to Berita atau Fitnah?

  1. salam kenal… blognya keren artikelnya juga..

    di tunggu kunjungan baliknya..

    terima kasih

  2. leo says:

    Setuju!! There are always two sides of a story

  3. Loren says:

    Harus lebih banyak mendengarkan dari pada berbicara (walaupun ngga mudah untuk dilaksanakan🙂 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s