Hidup Tempe!!

Seorang teman menulis tentang “penghinaan” yang dibuat secara tidak langsung oleh industri perfilman Amerika terhadap kondisi Indonesia. “Kata mereka”: Indo itu primitif, terbelakang, dlsb.

Secara langsung juga saya sering mendengar “penghinaan” terhadap Indonesia, yang dianggap sangat lemah oleh negeri jiran, termasuk isu pembebasan nelayan mereka yang katanya sih “ditukar” dengan pejabat Indonesia. Kesannya kok Indo “takut banget” ngadepin mereka.

Tapi hari ini saya mau bercerita….

Seorang kerabat yang tinggal di negeri jiran chating sama saya dan pas pada jam makan saya tanya, lagi makan apa? Dia jawab, “Tempe!”
“Tapi, tempenya sini nggak enak!” lanjutnya.

Wah!! Rupanya negeri yang suka mengaku-ngaku warisan Indonesia itu tidak sanggup bikin tempe…. Hmm.. kalau bikin tempe nggak bisa, kira-kira bakal ngaku nggak ya, kalau tempe adalah makanan khas mereka??

Yaa kalau Indo dibilang gak bisa bikin produk2 canggih… kalimat kerabat saya tadi membuat saya berpikir (boleh dong!) bahwa Indonesia jauh lebih “terhormat” ketimbang orang-orang luar Indo yang merasa lebih tinggi, tapiiii tidak bisa bikin tempe!

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

