TETAP RENDAH HATI

Aneh memang, kadang orang menilai dirinya terlalu tinggi, alias jadi kelihatan angkuh. Padahal justru keangkuhannya itu bukannya membuat orang lain melihatnya “tinggi”, tapi sebaliknya… dia justru direndahkan karena sikap angkuhnya.

Siapa yang tahan melihat orang sombong, sok dan angkuh? No one… percayalah!

Dan percayalah juga bahwa waktu orang bersikap rendah hati, dia justru akan menerima pujian. Bukan karena skillnya, bukan karena penampilannya/fisiknya, tapi semata-mata karena dia rendah hati.

Ngomong-ngomong soal angkuh, sok dan sombong, survei membuktikan bahwa 3 hal tadi adalah manifestasi atau cerminan dari rasa tidak aman yang dipunyai seseorang. Contoh: karena dia merasa tidak pintar, maka dia menutupi ketidakpintarannya dengan sikap angkuh. Atau karena dia seringkali direndahkan orang lain, entah karena apa, maka dia juga membentengi dirinya, supaya tidak direndahkan orang, dengan sikap yang sombong.

Sayang ya… padahal nih, kalau mau rendah hati, orang lain bisa berbuat sesukanya atas kita. Mau dibilang bodoh, kurang pengalaman, tidak pintar, tulalit, dlsb, tapi kalau orang itu bisa tetep rendah hati menerima semuanya tanpa manifestasi “sombong”, pada saatnya, dia justru akan menuai pujian dari orang-orang yang tadinya merendahkannya!

Hari ini saya dikirimi email sama seorang sahabat tentang kisah seorang Office Boy, yang akhirnya jadi Vice President di sebuah bank internasional (di Indonesia) yang kantor pusatnya di Amerika!! Mana pernah dalam sejarah seorang Office Boy, yang tadinya dihina-hina karena dianggap bodoh, gak berpendidikan, “tahu apa luh?!”, dlsb, bisa diangkat jadi Vice President? Pastinya, karena dia rendah hati!!

Tepatlah kitab Amsal 29:23 menuliskan, “Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian.”

Jadi, kalau ada orang yang mulai merendahkan kita, tetaplah rendah hati… karena harga diri kita tidak ditentukan oleh sikap orang lain kepada kita, melainkan karena Tuhan Yesus memandang kita berharga dan mulia! Jadi… masih mau jadi angkuh, sok dan sombong? Enggak bangeeetttt…..

 

 

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s