Irma Suryati… (inspirational!)

Kalau cuma dilihat dari pinggang ke atas, Irma Suryati ini sepertinya tidak kurang satu apapun. Tapi, dia menjadi bintang tamu di acara Kick Andy yang saya tonton di hari Minggu, 26 Juni 2011. Dia dipanggil sebagai salah satu bintang tamu (buat saya dia satu-satunya bintang tamu, karena saya nontonnya telat setelah agak teler sepulang gereja… tiba-tiba pilek), justru karena ada yang “kurang” dari fisiknya. Ya, Irma adalah penyandang cacat. Di sebelah kanannya terlihat tongkat untuk menyangga tubuhnya karena kakinya memang cacat, kecil sebelah.

Tapi… ini yang membuat saya benar-benar terinspirasi. Dia adalah pengusaha kerajinan yang omzetnya miliaran rupiah setiap bulan!! Ckckck….

Awalnya… Irma yang merasa punya keahlian jahit-menjahit mencoba melamar pekerjaan di perusahaan garmen.
“Saya yakin saya juga mampu bekerja seperti orang normal lain,” katanya.
“Sudah diterima, tapi begitu melihat saya cacat, langsung disuruh pulang,” katanya ke Andy F. Noya, host acara Kick Andy. Entah berapa kali Irma ditolak oleh bos/pengusaha garmen. Sampai akhirnya dia berpikir, daripada ditolak terus, lebih baik dia menciptakan sendiri lapangan pekerjaan untuk orang lain. Luar biasah!!

Dan, mulailah dia menjahit kain-kain perca (kain sisa jahitan, entah didapatnya darimana, saya kurang jelas juga) untuk dirangkai, jadi keset-keset bermotif. Mimpinya adalah memberikan lapangan pekerjaan khusus untuk penyandang cacat. Luar biasah!! (again).

Satu ketika, usahanya yang sudah jadi besar, tiba-tiba tertimpa musibah kebakaran. Ludes, des, des, des… Irma sempat putus asa. Tapi akhirnya dia “bangkit” lagi dari keputusasaannya itu, lalu membuka usaha yang sama di tempat lain. Dan sampai sekaranglah, usaha itu berkembang luar biasa. Produk kesetnya bahkan diekspor sampai keAustralia!!

Begini kata suaminya tentang Irma, yang ditanya Andy kenapa bisa tertarik sama Irma, “Karena kami senasib (sama-sama penyandang cacat). Selain itu, dia pantang menyerah, tetap menghargai suami walaupun sudah hebat, dan merawat anak-anak!” (dengerin tuuh para wanita yang hebat… tetap hargai suami… ).

Pada saat acara, Irma menunjukkan beberapa model lucu dari keset percanya.
“Untuk model yang biasa (buat saya tidak biasa kalau sudah berurusan dengan perca… njelimet dot com judulnya), anak-anak (stafnya maksudnya) bisa membuat 30 keset setiap hari. Untuk model-model seperti ini (lucu deh modelnya, asli!), saya bisa membuat 5 setiap harinya,” kata Irma. Tidak cuma itu kehebatannya, Irma juga berhasil “menyadarkan” para PSK dan waria untuk tidak kembali kepada “profesi” mereka, dengan memberikan alternatif pekerjaan lain yang juga menghasilkan uang, serta halal pula!

“Saya tidak cuma ngomong suruh berhenti ke mereka, tapi juga memberikan solusi,” begitu kata Irma tentang usahanya yang juga “menjangkau” para PSK dan waria.
Luar biasah!!!

Ah!! Seandainya saya menonton dari awal…. Thanks to Kick Andy yang sungguh-sungguh menginspirasi saya hari ini….

Keterbatatasan bukanlah alasan untuk kita membatasi diri sendiri, terlebih membatasi Tuhan untuk memberikan hari depan yang penuh harapan buat kita yang mengasihi Dia!

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Roma 8:28)

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

3 Responses to Irma Suryati… (inspirational!)

  1. Leo says:

    Top abis, gw suka yg kayak gini, orang yg bakal mengubah bangsa, orang yang bertindak. Bukan cuma beribadah dan berdoa doang…hahaha… thumbsup

  2. Erna Liem says:

    Yup!! Stuju… :-bd

  3. Loren says:

    what a story Ms. Liem, so inspiring🙂
    Love it!

    Thanks for written it down ( for me hehehe.. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s