The real battle is in your (my/our) mind!!

Pagi itu saya merasa mual ketika 1 pesan masuk dari seorang teman. Dia mengabarkan bahwa ada seorang mahasiswi bunuh diri dengan cara meloncat dari ketinggian 9 lantai sebuah kondo. Memang sih, messagenya dikirimkan malam kemarin. Tapi mungkin HP saya sudah off, jadi begitu pagi saya nyalakan, berita itu membuat saya agak “gimanaaa” gitu perasaannya.

Tebakan saya benar, bahwa si mahasiswi hamil. Tapi sampai sekarang, sekalipun begitu banyak cerita yang mencoba mereka apa alasan dia nekat terjun dari ketinggian, pastinya yang tahu hanya si mahasiswi (dan Tuhan!). Untuk issue pilih kasih dari orangtua. Sepertinya banyak anak mengalami hal sama, tapi toh tidak meloncat/bunuh diri. Untuk issue kehamilan, toh hamilnya sudah berjalan beberapa bulan. Jadi seandainya dia frustasi gara-gara hamil di usia muda, kenapa harus menunggu waktu janin sudah membesar? Dan, tidak semua wanita yang hamil di luar nikah, membunuh dirinya sendiri. Yang ada justru kasus-kasus aborsi bayi. Untuk alasan hubungannya dengan sang pacar yang tidak direstui orangtua, toh ada begitu banyak anak yang mengalami hal serupa, dan mereka tidak bunuh diri. Hidup memang misteri? Sepertinya iya.

Umur seseorang tidak bisa diprediksi. Tapi satu alasan yang mungkin sumbangsihnya sangat besar terhadap tindakan nekat si mahasiswi adalah: rasa “lonely”. Kesepian. Di tengah keramaian sekalipun, seseorang bisa merasa kesepian. Sebaliknya, di tengah suasana sepi, belum tentu seseorang merasa kesepian.

Jadi dimanakah bedanya? Seorang yang merasa kesepian sibuk dengan pikirannya sendiri. Begitu negatif, dan… mematikan. Pikiran yang berkata bahwa “no one cares”, “nobody understands”, sekeliling sepertinya membenciku, orang-orang selalu merendahkan aku, identitasku tidak pernah lepas dari masa laluku itu sebabnya orang-orang mencemooh aku, dll. Apakah benar demikian? Jawabannya: TIDAK! The real battle is in your mind! Janganlah bertindak dan berkata-kata atas dasar pikiran “jelek”, “buruk”, negatif tentang orang lain/keadaan sekeliling.

Sebaliknya, ingatlah bahwa kita harus memenangkan peperangan itu! Win the battle which is in your mind! Remember that Erna and beware!!

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Daily Journal, Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s