Kalah Oleh Waktu…

Dulu, saya suka diberitahu untuk tidak sering-sering mengucek mata. “Nanti matamu “keriput” loh!” begitu kata orang. Tapi saya cuek saja. Saya tidak pernah menyangka kalau seiring berjalannya waktu akan ada guratan2 halus dan banyak di sekitar mata setiap kali saya tersenyum manis (terlebih kalau tersenyum lebar atau tertawa ngakak). Sekarang saya menyesal karena semua sudah terlambat.

Dulu saya suka diberitahu untuk “merawat wajah”. Paling tidak memakai pelembab, supaya kulit wajah terlindung dari matahari, dan tidak kering. Tapi saya abaikan itu. Tapi seiring berjalannya waktu, saya baru sadar bahwa benar kulit wajah saya mulai kering, yang mungkin seharusnya belum menjadi sekering sekarang akibat tidak adanya perawatan. (Dulu saya selalu memakai bedak langsung ke muka, tanpa memakai pelembab). Tapi semua sudah lewat, waktu tidak bisa diputar ulang, betapapun saya menginginkannya.

Dulu, saya suka heran, mengapa Papa dan Mama sering mengeluh “silau” setiap kali menonton TV. Sekarang saya baru tahu, bahwa seiring berjalannya waktu, hari ini, saya mendapati bahwa pandangan saya yang tertumpu ke layar laptop memberikan kesan sama, silau! (saya belum setua mereka, tapi tiba-tiba sadar, bahwa apa yang dikeluhkan akan saya alami nanti).

Dulu saya suka bingung, kenapa orang-orang tua yang saya temui tidak bisa melihat dalam jarak dekat (mata ‘plus’). Tapi seiring berjalannya waktu, saya baru sadar bahwa mata kiri saya “minus” sementara mata kanan saya “plus” karena buram waktu melihat tulisan dalam jarak dekat.

Manusia kalah oleh waktu. Kekuatan tidak bisa sama seperti waktu muda. Fungsi organ tubuh juga mengalami penurunan pasti. Itu sebabnya, jadilah bijaksana. Belajarlah kepada orang-orang tua di sekitar kita. Belajar dari mereka yang sudah lebih banyak pengalaman hidup. Supaya tidak berakhir seperti kisah hidup Raja Rehabeam (1 Raja 12).

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

One Response to Kalah Oleh Waktu…

  1. Loren says:

    Ms. Liem,

    I loved the article🙂
    it is so true…..

Leave a Reply

