Belajar dari Kesalahan (memasak)…

Buat sebagian orang, memasak semudah membalik telapak tangan. Tapi tidak buat saya yang masih amatir. Berikut beberapa kegagalan saya dalam memasak…

Satu ketika, saya punya kelebihan makaroni. Saya nekat merebusnya. Tapi sayang, kurang lembek. Setelah saya pikir cukup untuk ditiriskan, saya mulai memasak makaroni tadi dengan metode persis seperti saya memasak nasgor. Bawang putih, garam, merica, dan telur ayam! Hasilnya? Aneh bin ajaib!! Mulut seperti mengunyah sesuatu yang alot, dan… hambar!

Di waktu lain, saya mencoba menggoreng ebi karena saya melihatnya nongkrong terlalu lama di kulkas. Saya pun membeli tepung bumbu, dan berharap mendapatkan “snack” ebi yang kriuk. Saya hanya membasuh ebi-ebi tadi sekali dengan air keran. Laluuu ebi yang masih basah saya lumuri dengan tepung bumbu. Hasilnya? Tidak kriuk sama sekali! Dan? Asinnya setengah mateng!! Saya malu. Jadi begitu matang, saya langsung bilang: “Jangan dimakan deh. Asin banget. Kalau nggak mau dibuang aja!”

Tapi ternyata hasil karya saya dihargai… hmm… ebi-ebi itu dimasukkan ke toples kecil. Daaan masih ada sampai setelah kurang lebih 2 bulan!! (Sampai saya menulis ini pun masih ada tuh si ebi di toples X_X )

Lalu, pernah saya mencoba mempraktikkan jamur enoki goreng meniru apa yang dikatakan teman kantor. Sepertinya gampang. Saya pun membeli jamur enoki 1 bungkus, dan tepung bumbu. Rupanya, apinya terlalu panas! Dan saya tidak mengurai si jamur satu demi satu, tapi mencemplungkannya ke dalam minyak panas setelah saya campur dengan bumbu. Hasilnya? Jamur gosong! Warnanya hitam, daaan menggumpal! Ckckck… buru-buru saya merubah strategi! ½ kantong sisa jamur yang tadinya tidak mau saya goreng, terpaksa harus saya goreng semua! Kali ini dengan metode berbeda. Setelah minyak mulai panas, apinya saya kecilkan, jamur yang sudah saya lumuri bumbu saya masukkan sedikit demi sedikit. Maksud saya, sesuir demi sesuir. Hasilnya? Lumayan!

Pernah saya mencoba memakai kecap manis waktu masak nasgor, dan ternyata rasa si nasgor makin nggak karuan. Kalau kata orang Jawa, “Gak ngalor, gak ngidul”, alias gak jelas!! Kata “chef” di rumah saya, “kurang banyak malah nggak enak rasanya. Kalau mau pakai kecap manis, yang banyakan.” Saya praktikkan di lain waktu, dan benar. Rasa kecap manisnya mempermanis rasa si nasgor karena saya menuangnya cukup banyak.

Bagaimana dengan merebus baso? Satu ketika saya disuruh merebus baso. “Nih! Pake ini!” katanya memberikan sebungkus kaldu instan. Saya pun mengiris-iris bawang putih, memanaskan air, dan mencemplungkan kaldu instant+baso ke dalamnya. Setelah air mendidih… saya memasukkan irisan-irisan sayur yang ternyata langsung berubah warna hanya dalam beberapa detik! Saya melakukan kesalahan!! Sayur tadi harusnya tidak perlu direbus bersama baso! Saya pun buru-buru mengangkat si sayur dan menempatkannya di dalam piring kecil. Whew!!

Kesalahan-kesalahan kecil yang ternyata “fatal” dalam masak-memasak ini lekat dalam ingatan saya!

Tapi, justru itu yang membuat saya tahu, mengerti, sadar, dan bertekat untuk tidak mengulanginya lagi…. Mencoba dan gagal, lebih baik daripada tidak mencoba dan tidak gagal. (Mencoba dalam hal ini konteksnya adalah: mencoba bangkit dari keterpurukan, mencoba pekerjaan baru, mencoba pindah jurusan baru, mencoba keahlian baru, bidang usaha baru, dll, yang berguna untuk masa depan tentunya!)

Move on!!

Setidaknya saya tahu, sampai sejauh mana kemampuan saya… yang kata Tuhan “luar biasa” itu. (Saya luar biasa, kata Tuhan)..

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

2 Responses to Belajar dari Kesalahan (memasak)…

  1. lovinalina says:

    kamu memang luar biasa erna!! laen kali “kirim” jamur enoki nya ya !!

  2. Erna says:

    🙂 Thanks Lina! Kl pas mampir g ksh d.😛

Leave a Reply

