Nasgor Bumbu T

Sepulang kantor, aku diminta Papa memasak nasi goreng. Dia kurang suka dengan ayam tim yang dimasak di rumah. Jadi disuruhnya aku memasak nasi goreng dengan daging ayam tim yang disuir-suir. Aku setuju saja.

Bawang putih, minyak, telor ayam sebutir, suiran ayam tim, nasi, kucampur dengan minyak ikan (untuk menghilangkan bau amis dari telor), kecap asin, garam dan merica. Pesan “jangan terlalu asin” begitu menancap di otak, dan jadilah nasi goreng berwarna putih, yang agak kurang asin, tapi lumayan. Papa memuji-muji sebagai enak. Setelah mengambil seporsi, Papa menambahkan porsi berikut. Puji Tuhan! Berarti memang enak. Aku sudah mulai agak bangga sedikit. (sebelum memasak, aku berdoa supaya enak. Karena biasanya hambar. Sssttt!). Tiba-tiba…

“Siapa dulu dong yang kasih instruksi!!” kata Papa waktu ditanya kakakku soal si nasi goreng yang dikata enak itu.

Yah, tidak apa-apa lah. Yang penting sudah dibilang enak. Walaupun yang lebih bangga sepertinya Papa. Karena menurut Papa, nasi itu bisa jadi enak, oleh karena “instruksi” alias “komando”-nya! Tapi aku belajar sesuatu hal penting. Yaitu bahwa ketaatan itu menyenangkan hati orang yang perintahnya ditaati.

Ya, aku menyenangkan orangtuaku (dalam hal ini Papa), karena menuruti keinginannya: dia mau nasi goreng, pakai daging ayam tim, minyak sedikit, tidak terlalu asin. Semua kuikuti. Dan apa yang kudapat? Pujian dari Papa. Sejuta rasanya. Ehem! Aku pun menamai nasi goreng ini, nasgor bumbu T (baca: Taat).

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

