Anak Autis dan Ibu Yang Hebat

Di dalam bis yang aku tumpangi, duduklah seorang ibu dengan dua anaknya. Tepat satu baris di depanku. Tidak berapa lama bis berjalan, seorang anaknya yang laki-laki berdiri di tempat duduk, menghadap ke belakang. Sepertinya dia tersenyum ke arahku. Tapi, ketika aku mencoba melakukan kontak mata dan membalas senyumannya, dia seperti tidak “nyambung” dengaku. Tidak berapa lama, dia turun dari kursi, dan memaksa untuk berdiri di lantai bis.

Sang mama sudah mulai gelisah. Dia benar-benar kuatir kalau anaknya jatuh atau berjalan ke arah pintu bis. Membayangkannya saja mengerikan. Jadi aku juga terus menatap gerak-gerik si anak laki-laki itu tadi. Mungkin karena agak repot, maka ibu dari anak itu menariknya ke pangkuan. Maksudnya supaya lebih aman, ketimbang berdiri. Perasaanku bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada dirinya, mulai terkonfirmasi. Anak itu autis.

Punya anak “spesial” seperti itu sangat melelahkan tentu. Diajak bicara tidak mengerti. Itu sebabnya, mamanya cuma bisa memegangnya kuat-kuat walaupun si anak mulai menangis, tanpa ada satu patah kata pun yang keluar dari mulutnya kecuali erangan tangisan. Diberitahu bahaya pun dia tidak mengerti. Aku tidak bisa membayangkan hidup seperti si ibu itu. Aku teringat, dulu, seorang teman kantor juga punya anak autis. Ganteng. Postur tubuhnya tinggi. Seandainya dia normal, pasti banyak wanita yang mau jadi pacar atau istrinya. Anak itu sempat hilang dari rumah selama kurang lebih 3 bulan! Waduh! Tidak bisa kubayangkan kegelisahan, kekuatiran, ketakutan, dan perasaan galau lain yang dirasakan oleh orangtuanya.

Selagi aku terus memperhatikan si anak. Tanpa terasa aku harus turun. Ternyata ibu itu juga turun. Buru-buru dia pakai ranselnya, lalu meminta anak laki-lakinya, yang kira-kira berumur 6 tahun, berjalan di depannya, lalu ia diikuti oleh anak perempuannya. “Hebat!” kataku dalam hati. Wanita memang ciptaan Tuhan yang sungguh hebat. Kuat, tahan banting, tahan uji, sabar, tekun, dll. Itu yang kupuji dari si ibu.

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Daily Journal, Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s