Lakukan Bagian Kita!

Cover FinalJaman dulu, ada seorang raja bernama Ahasyweros yang merajai seratus dua puluh tujuh daerah mulai dari India sampai ke Etiopia. Wow!! Nah, setelah 3 tahun menjadi raja, beliau ini mengadakan perjamuan buat semua pembesar dan pegawainya; tentara Persia dan Media, kaum bangsawan dan pembesar daerah. Kira-kira kalau jaman sekarang di Indonesia, ini jamuan kenegaraan yang tamu-tamunya segudang dari dalam maupun luar negeri! Sang Raja memamerkan kekayaannya kepada semua yang hadir. Termasuk akan memamerkan betapa cantiknya san istri. Tapi sayang, Ratu Wasti, menolak untuk memenuhi perintah Raja Ahasyweros untuk sekedar muncul di tengah-tengah para tamu. Singkat cerita, Ester, seorang berkebangsaan Yahudi, terpilih jadi Ratu menggantikan Wasti yang tidak lagi boleh menghadap Raja selama-lamanya.

Ester bisa menjadi ratu berkat jasa Mordekhai, pamannya. Karena pamannya ini yang mengajukan Ester untuk ikut “audisi ratu” dan ternyata terpilih! Tapi, seperti kehidupan kita yang memang selalu akan berhadapan dengan masalah demi masalah, maka secara tiba-tiba dan tanpa disangka, malapetaka menghadang Ester. Gara-gara Haman, musuh Mordekhai yang iri dan benci kepada Mordekhai, mendapatkan “katabelece” dari raja untuk membinasakan seluruh bangsa Yahudi, termasuk Mordekhai, dan tentu saja Ester kalau sampai ketahuan bahwa Ester juga berkebangsaan sama!

Mordekhai lalu meminta tolong Ester yang sudah jadi ratu untuk ikut berpartisipasi berjuang menggagalkan rancangan Haman. Awalnya Ester menolak. Karena, kalau sampai dia muncul di hadapan raja tanpa dipanggil, dan ternyata si raja tidak mengulurkan tongkat emas ke arahnya, maka nyawanya bakal melayang! Tapi karena Mordekhai berkata cukup keras mendesak Ester, maka dia melakukan bagiannya. Apakah itu? BERDOA dan BERPUASA! Simple things to do, huh? Memang simpel tapi kadang sering kita lupakan. Kita cenderung pakai logika sendiri, mengandalkan koneksi, kecantikan, uang, dll yang kalau dipikir ulang semuanya punya keterbatasan!

Dan Tuhan pun melakukan bagiannya…Apakah itu?

  1. membuat si penjaga yang menjagai semua wanita yang ikut “audisi ratu” termasuk Ester selama masa karantina sebelum diperlihatkan kepada Raja Ahasyweros, bisa mengasihi Ester. (Baca Ester 2:9).
  2. membuat Raja Ahasyweros mengasihi Ester lebih dari para wanita pesaingnya! (Est 2:17)
  3. membuat Raja Ahasyweros berkenan kepada Ester dan mengulurkan tongkat emasnya! (Est 5:2)

Ke-3 hal di atas punya arti bahwa: Hanya Tuhan yang bisa menggerakkan hati manusia.

  1. memberikan hikmat kepada Ester, kapan waktu yang tepat untuk mengutarakan keinginannya kepada raja. Setelah mengadakan perjamuan yang pertama, raja sudah bertanya kepada Ester, “Apa yang engkau inginkan?” Dan Ester meminta diadakan perjamuan kedua.
  2. Ternyata, menjelang perjamuan kedua, pada malam harinya raja tidak bisa tidur. Anehnya, karena tidak bisa tidur, raja meminta dibacakan kitab sejarah! Di situ didapati nama Mordekhai sebagai seseorang yang berjasa menyelamatkan raja! (Nggak ada hubungannya banget antara susah tidur VS membaca kita sejarah. Atau mungkin supaya ketika dibacai, tiba-tiba ngantuk dan zzz… pulas!)
  3. Kejadian selanjutnya adalah: Mordekhai diarak untuk dihormati seluruh rakyat, Haman sakit hati, dan… Ester memberitahukan kejahatan yang dibuat Haman terhadap bangsa Yahudi, yang adalah bangsanya sendiri! Pas! Ini membuat kita mengerti bahwa: Hanya Tuhan yang punya otoritas tertinggi atas WAKTU.
  4. Rencana Haman digagalkan Tuhan lewat Ester. Bahkan Haman dan keluarganyalah yang kena hukuman gantung.
  5. Rencana pembunuhan sebuah bangsa yang bahkan sudah dimeterai oleh cincin Raja Ahasyweros (Haman did it) ternyata bisa digagalkan juga. Hanya Tuhan yang bisa membuat apa yang mustahil menjadi mungkin!

Let’s do our part and let GOD do HIS! (Means: don’t do God’s part!)

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s