Hobi Menjelekkan Orang Lain?

Cover FinalSaya sering mendengar kalimat ini: “Elek-elek yo dulurmu”, dari Papa. Dan kalimat ini akan saya dengar setiap kali “percekcokan seru” terjadi di antara anak-anaknya yang perempuan. Yup! Saya 5 bersaudara, 3 perempuan berurutan, lalu 2 laki-laki. (Catatan: 2 anak laki-lakinya tidak pernah bertengkar sejak mereka bayi, sampai dewasa. I’m amazed at them, so much!).

Back to the point.

Kalimat tadi seperti tertanam dalam pikiran saya bahwa apapun yang terjadi, ke-4 saudara kandung saya tidak akan pernah saya jelek-jelekkan di depan orang lain. Toh sebenarnya begini, saya sendiri pun punya kekurangan. Dan kalau saya menjelek-jelekkan “darah daging” sendiri/orang yang punya ikatan darah dengan saya, maka saya sendiri juga ikut “dipandang jelek” oleh orang lain. Mengapa? Sebab buah tidak jatuh jauh dari pohonnya. Dan itu benar. Bukankah saya berasal dari keturunan yang sama dengan orang yang saya jelek-jelekkan?

Curcol sedikit ya…

Saya suka heran dengan orang-orang yang entah hobi atau kebiasaan atau apa, sangat senang menjelekkan/membuka aib keluarganya di depan orang lain. Kalau memang itu sahabat baik yang bisa dipercaya tidak akan “ember” kemana-mana, buat saya masih sah. Dan itupun masih harus memeriksa motivasi diri sendiri, untuk sekedar curhat/cari solusi supaya hubungan  antar saudara kandung bisa lebih baik, atau murni untuk supaya orang tahu betapa “jeleknya” saudara kandung/orangtua/anak kita, dan supaya kita sendiri terlihat baik. Yang mana? Cek dulu sebelum buka mulut kepada siapapun soal “rahasia dapur” sendiri.

Padahal, perlu diingat ya, orang yang suka menjelek-jelekkan orang lain tidak pernah dipandang lebih baik. Mau bukti? Saya tidak pernah memandang orang yang suka menjelekkan orang lain (terlebih keluarganya sendiri) sebagai orang yang “lebih baik” dari yang dijelek-jelekkan.

Bagaimana dengan teman-teman? Kalau kita punya pandangan sama, berarti seperti itulah “nasib” orang yang suka menjelekkan orang lain. Yaitu tidak akan dipandang lebih baik…

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Relationship. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

