Gejala Penyakit Jantung

Hmm… sudah mulai masuk musim hujan. Padahal sepertinya baru bulan lalu kota ini kebanjiran hebat. Tapi ternyata ini sudah di ujung tahun 2013. Waktu benar-benar berlari sangat cepat. Nyaris aku kehabisan waktu untuk menulis, ditambah dengan kesibukan yang mendadak muncul. 

Setelah beberapa bulan sama sekali tidak sempat menyentuh blog ini, pagi ini aku berkesempatan mengetik. Aku ingin berbagi banyak hal yang aku dan keluargaku alami. 

Tulisanku terakhir adalah soal Mama. Tulisanku yang baru ada lagi ini pun tentang Mama. Mari aku ceritakan secara “flash back”…

Kamis 5 September
Sebelumnya aku sudah pernah “lapor” ke kakakku tentang kondisi Mama. Kenapa ya, Mama kok sering pucat, akhir-akhir ini? Sering cepet capek,” kataku.
Kakakku sudah menduga mungkin kelainan jantung. Tapi Mama tidak bersedia diajak ke dokter. Bahkan setelah dipaksa cek darah beberapa kali sama Papa, baru akhirnya hari ini Mama mau.
 
Jumat 6 September
Hasil cek darah dibawa ke dokter di daerah rumah adik saya yang paling kecil, David. Oleh dokter diberi beberapa macam obat.
 
Sabtu 7 September
Mama masih saja lemah. Aku bingung dan gelisah. Aku bertanya-tanya, ada apa dengan Mama?
 

Minggu, 8 September
Setelah pulang dari tugas kantor, aku menemui Mama. Dia sedang tiduran di kamar. Ingin melihat bagaimana kondisinya. Mama tidak ke gereja. Karena tidak bisa tidur semalam.
Aku pikir mungkin Mama butuh udara segar. Jadi aku ajak Papa dan Mama ke rumah David.
 
Tapi hari itu perasaanku masih saja sedih. Mama tidak seperti biasanya yang suka ikut tertawa mendengar kalimat lucu kami. Dia lebih banyak diam, dan berpikir sesuatu. Aku sengaja mengajaknya ke rumah adik. Siapa tahu Mama “happy”. Ternyata tidak. Setelah meminta dibelikan susu untuk tulang, kami pun pulang. Perasaanku tidak enak. Selama perjalanan pergi dan pulang, aku sempat menengok ke belakang, melihat kondisi Mama yang seperti “ada sesuatu”.
 
Tengah malam…
Papa memanggil namaku. “Mama sesak nafas!” katanya. Buru-buru aku bangun  Jam menunjukkan pukul 12 lewat. Kasihan Mama. Kekuatiranku selama ini melihatnya sering pucat dan mengeluh capai seperti mulai terkonfirmasi. Adikku dan istrinya pun turun dari lantai 3 demi mendengar “keributan” di ruang tamu lantai 2.
 
Aku tegang.
 
“Aku nggak bisa nafas!” kata Mama dengan muka pucat. Aku lalu mengisi botol kaca yang kulihat beberapa kali dipakai Mama mengompres bagian lehernya, dengan air panas dari kamar mandi.
“Aku kompres ya Ma,” kataku. Tapi tidak membuahkan hasil. Mama masih saja sesak nafas.
Dia minta dikerik dengan metode koin perak+telor rebus tanpa kuningnya. Kira-kira 30 menit lebih Mama bilang, “Sudah, sudah, sudah mendingan.” Tapi mukanya masih pucat.
Adikku membelikan 2 tabung oksigen untuk mama.
 
Setelah itu kami semua kembali tidur.
Tapi waktu aku bangun untuk buang air kecil, aku melihat Mama tiduran di ruang tamu.
“Kenapa Ma?” tanyaku.
“Aku masih ngga bisa tidur. Kalau tidur sesak nafasnya,” katanya.
Tapi aku tidak punya prasangka apapun. Cuma memang perasaanku sedih. Kasihan Mama… 

(TO BE CONTINUED…)

GEJALA PENYAKIT JANTUNG
1. Penderita mengalami kelelahan/cepat lelah. Muka terlihat pucat.
2. Penderita mengalami nyeri/pegal2 di daerah tengkuk sampai ke seluruh bahu kiri dan kanan.
3. Penderita mengalami kesulitan tidur di malam hari.
4. Penderita mengalami sesak nafas (karena fungsi jantung yang gagal memompa darah, maka paru-paru kemasukan air sehingga sesak nafas. Jika tidak ditolong/dibawa ke dokter jantung secepatnya (bukan paru-paru), sudden death akan mengancam. Sensasinya seperti orang tenggelam. Tidak bisa bernafas sama sekali. Kematian sudah mengintip di balik pintu kalau sudah begini…)
So, waspadalah!

 

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Daily Journal, Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

