My First Christmas With You…

Cover FinalKemarin aku menyempatkan waktu untuk menghapus email-email yang masuk selama setahun. Sangat terasa waktu begitu cepat berlalu. Awal tahun aku mengalami “musibah” banjir dan harus merogoh kantong cukup dalam untuk memperbaiki mobil yang terendam air kotor selama beberapa hari.

Setelah itu aku melihat email-email yang menyisakan memori menyenangkan. Ada beberapa hal yang membuat otakku berpikir betapa momen dalam hidup tidak ada yang kekal. Sebentar senang, sebentar sedih. Tidak ada jaminan bahwa kalau tahun dibuka dengan hal yang menyenangkan, maka seterusnya akan begitu. Sebaliknya, kalau tahun dibuka dengan musibah, seterusnya akan menyedihkan.

Setelah beberapa bulan mengalami apa yang baik, aku baru sadar bahwa di tahun yang sama, kami sekeluarga harus mengalami masa-masa berat. Masih segar dalam ingatan, gambaran Mama yang terlihat begitu lemah dan pucat, sampai-sampai aku nyaris kehilangan pengharapan. Aku berpikir tidak lagi bisa melihat Mama seperti waktu dulu aku kehilangan kakak. Sangat menakutkan, mengerikan dan stressful. Tapi nyatanya?

Here we are. Mama berhasil melewati semua proses dengan mujizat Tuhan. Kami juga berhasil melalui semua proses hari demi hari menunggu mujizat Tuhan terjadi atas kami, baik dalam hal dana, kesehatan Mama, kesehatan kami semua, ketangguhan mental, kesepakatan di sana-sini, perdebatan di sana-sini, dan banyak hal berat lain. Semua karena kasih karunia Tuhan!

Dan malam kemarin, aku diajak sahabat untuk merayakan Malam Natal di gerejanya. Biasanya, acara Natal ya begitu-begitu saja. Menyanyikan lagu-lagu Natal dengan banyak kosa kata sulit yang seperti daging alot untuk dikunyah. Tidak masuk di akalku. Tidak mengerti entah apa artinya. Bahkan sebelum berangkat dari rumah, rasa malasku kumat. Aku juga merasa berat meninggalkan Mama. (rencanaku menginap di rumah sahabat setelah pulang gereja)

Kata Mama, “Nanti obat-obatku bagaimana? Kamu siapkan buat besok ya!” Aku pun mengajarinya melihat “instruksi dosis” obat di setiap kantong plastiknya. “Nih, pokoknya kalau ada tulisan pagi, semua diminum pagi. Untuk obat gula kan setiap hari 3 kali setengah, sudah tahu kan kalau itu,” kataku. Dan ternyata waktu aku sampai di rumah sekitar pukul 1 siang kemarin, obat sudah siap di kotak “pagi-siang-malam”. My mom made it!

Ya! Mama sudah mulai bisa mandiri, kecuali untuk mengecek gula dan tensi. Rasanya hatinya tenang kalau sudah tahu kedua angka hasil cek yang aku keluarkan. Seperti dokter saja. Dokter otodidak, yang bisanya cuma cek tensi dan gula darah😛

Suasana gereja malam kemarin semarak. 3 layar dengan 1 layar di tengah yang berukuran lebih besar dibanding 2 lainnya membuatku terkagum. Gambar yang dihasilkannya sangat jernih. Tidak seperti layar-layar lain. Andrea Bocelli dan David Foster sedang “manggung” di situ. “Keren!” kataku dalam hati. Hmm… nyaman. Aku menikmati tayangan yang diputar sebelum acara gereja dimulai.

Baru kali ini aku bisa merayakan Christmas yang sebenarnya. Karena selama satu tahun penuh, badai-topan seperti silih berganti datangnya. Ini membuatku sadar bahwa hidup memang tidak selalu berjalan mulus. Ada duka, ada suka, ada sedih, ada sukacita. Toh semua berlalu dengan baik. Sekarang sudah di penghujung tahun. Kebaikan Tuhan masih nyata menyertai kami dan keluarga.

Terima kasih buat sahabatku. This is my first Christmas with God… not just another Christmas event… Tapi life changing Christmas… aku berharap bisa mengenal Tuhan lebih lagi di tahun depan. Jadi orang yang lebih baik pastinya kalau pengenalanku cukup tentang Tuhan. Pribadi yang setia. Yang tidak pernah main-main dalam merencanakan setiap alur perjalanan hidup kami.

“My first Christmas with You… “ ternyata seperti ini rasanya… Hmm…

Merry Christmas to all my friends!

 

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Daily Journal, Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

