RELAX… GOD’S IN CHARGE

Cover FinalTanggal 26-31 Desember lalu aku berlibur bersama lima teman. Kami menginap di sebuah rumah yang kata pemiliknya “kayak kandang ayam”! Biasanya, kalau aku tinggal di satu tempat baru, 2 hal yang mutlak memenuhi kriteriaku adalah: kamar tidur dan kamar mandi yang bersih. Tapi sudahlah, keputusanku kan memang untuk berlibur. Lagipula tidak enak sama teman-teman kalau aku memutuskan untuk pindah ke rumah teman lain yang mungkin jauh lebih “pokro” kata orang Jawa.

Pesawat yang kutumpangi memang lebih malam dibanding teman-teman. Dan itu masih ditambah “delay” 2,5 jam karena Bandara Soetta hari itu kewalahan dengan jadwal penerbangan yang sangat banyak. Akibatnya setelah ditunda 1 jam, penumpang yang disuruh masuk ke dalam pesawat ternyata masih harus mengalami penundaan lagi for another 1,5 jam! Aku kebagian kursi di tengah. Sebelah kiri, dekat jendela sudah diduduki seorang wanita asing. Begitu masuk aku menyapa seorang ibu di bagian ‘isle’: “Permisi Bu.” Dan juga “si bule”: “Halo!” Dia agak sulit tersenyum. Bete rupanya.

Ya sudah, aku juga capek menunggu di luar tadi, jadi berharap sebentar lagi toh pesawat akan take-off, jadi aku bersiap tidur. Jadwal semula 19.35 diundur menjadi 22.00! Tidak berapa lama duduk di dalam pesawat, awak airlines mengumumkan bahwa take off nya masih antri. Mendapat antrian nomor 25, tanpa disebutkan pesawat yang sedang take-off sudah sampai di urutan ke berapa.

Si bule yang sudah enak tidur, mulai tidak sabar. Dia membuka mata. Aku menoleh ke arahnya. “It’s close to nine now!” katanya. “Yes!” jawab ku. Lalu ku tanya, “Where are you from?” Dan setelah pertanyaan itu, dia terus bercerita, bahkan sampai pesawat mulai mendarat di bandara kota tujuan!

Aku yang awalnya ingin tidur karena memang sudah lewat jam tidurku, mendengarkan cerita yang begitu lancar keluar dari mulutnya sambil terus berjaga supaya konsentrasiku yang “byar-pet” tidak semakin buyar karena ngantuk. Tapi aku bersyukur, karena seolah Tuhan berbicara melaluinya untuk “relax!” Dia bertujuan untuk relaks di kota ini, karena katanya, kesehariannya sudah begitu sibuk. Dia dan best friendnya sedang memulai proyek baru, usaha baru di dunia internet. Kalau sudah bekerja, karena usaha sendiri yang baru dimulai, dia sering lupa waktu. Bahkan pernah sudah jam 11 malam, baru tersadar belum makan malam, dsb. “But I enjoy it!” katanya. “I am exciting,” lanjutnya.

Somehow, kata RELAX seperti membuat ku tersadar bahwa tujuanku ke sini juga untuk relax. Jadi walaupun 2,5 jam delay, thank God ada si bule. Cerita-ceritanya membuat kami berdua lupa waktu. Dan ketika semua penumpang disuruh turun, lalu menunggu bagasi, dia sudah berpamitan. “Have a nice holiday, bla3…” katanya. “Yes, you too, thank you!” kataku. Tapi selagi aku menunggu bagasi yang masih belum juga muncul, tiba-tiba seseorang mendekat. Ternyata si bule. Dia mengucapkan lagi kalimat perpisahan yang sama, lalu cipika-cipiki. “We have our luggage, bla3…,” sambil dia menunjuk ke arah temannya. Aku lambaikan tangan ke si teman, cipika-cipiki lalu berpisah.

Ah… relaks… kata yang seolah jadi pesan kuat buatku dalam liburan kali ini. Dan aku benar-benar relaks. Tidak peduli dengan kondisi rumah yang memang tidak “pokro”. Tidak peduli dengan panasnya sengatan matahari yang tidak pernah kusukai. Tidak peduli dengan berapa saja biaya yang memang harus dikeluarkan untuk berlibur. Dengan perhitungan yang salah karena tidak menginap di hotel, tapi aku tetap bisa tidur nyenyak setiap malam. Bahkan di hari terakhir aku berkesempatan mengunjungi rumah teman setelah beberapa kali “janjian ketemuan” kami meleset. Dalam suasana relaks, kami ngobrol dan mendapat informasi tentang daerah wisata yang kami kunjungi dengan lebih akurat untuk rencana lain waktu.

I enjoyed it. Thank God for everything…
Relax… God’s in charge, Erna!

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Daily Journal, Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

