No Worry!

Cover FinalKemacetan sore ini yang luar biasa mengajarkanku tentang pengharapan…. Begini ceritanya…

Lokasi kantor dengan rumah memang cukup dekat. Kalau pagi hari, tanpa macet, aku bisa tiba di kantor 5-10 menit. Tapi tadi pagi sangat macet. Jadi butuh waktu 30-an menit. Kalau pulang kantor, biasanya karena lebih macet, aku butuh waktu 30-45 menit sampai rumah. Tapi pernah juga kalau jalanan sangat lancar, aku bisa sampai di rumah sekitar 15-20 menit.

Nah, sore ini entah kenapa, mungkin karena putaran balik yang biasa dilewati begitu banyak kendaraan hari ini ditutup untuk alasan perbaikan jalan, sementara informasi penutupan sama sekali tidak ada, maka terjadilah penumpukan kendaraan. Imbasnya kemana-mana. Tidak karuan. Dan aku pun baru tiba di rumah dalam waktu 1 jam 5 menit! Luar biasa!

Tapi dengan santai aku mengendarai mobil yang rasanya sudah mulai ingin kutinggal saja, karena jarak ke rumah sebetulnya sudah sangat dekat. Hanya saja kemacetan semakin menjadi. Tapi aku tidak terlalu stres. Aku masih bisa bertahan dalam kondisi “tenang”. Kenapa? Karena, aku tahu jaraknya dekat! Aku bisa memperhitungkan berapa lama aku akan terjebak macet. Berapa lama aku bisa tiba di rumah. Semua bisa diperhitungkan. Aku masih punya pengharapan yang jelas, bahwa aku tidak akan berlama-lama ada dalam kondisi “macet”!

Aaah… harusnya aku punya mental baja seperti sore ini. Bukankah masalah selalu akan ada, sekalipun masalah satu sudah selesai? Jadi seharusnya aku bisa tetap “tenang” menghadapinya, karena aku tahu bahwa semuanya itu cuma sementara! Seperti kejebak macet sore ini. Aku begitu yakin bahwa kemacetannya pasti berakhir, jadi aku santai saja. Seperti itu juga kekuatiran. Seharusnya aku tahu bahwa hari esok ada dalam kuasa Tuhan. Jadi tidak perlu kuatir. Karena memang tidak ada gunanya.

Lukas  12:25
Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?

Nih, ada artikel yang mau aku bagikan:

Stres dan Kesehatan Fisik

  • Sakit kepala: Sakit kepala konstan atau sakit kepala berulang yang dapat membuat Anda bereaksi dengan marah, merupakan efek stres yang berlebihan. Hal ini dapat menurunkan produktivitas di tempat kerja. Mengepalkan rahang atau sakit juga sering diamati.
  • Back Pain: Anda mungkin berpikir bahwa nyeri punggung ini disebabkan oleh gaya hidup atau selama latihan, tapi mungkin karena stres yang berlebihan, sehingga menimbulkan masalah kesehatan yang parah. Leher sakit, kejang otot, kram kaki dapat terjadi karena stres.
  • Penyakit Jantung: Stres kerja, mengemudi stres atau stres lain yang berkaitan dengan masalah keluarga, masalah pengadilan, dapat menyebabkan akhirnya penyakit jantung. Jantung berdebar-debar, memerah, berkeringat, tangan dingin atau berkeringat sering dan kaki yang biasa terlihat dan harus dirawat di waktu yang tepat.
  • Imunitas menurun: Tingkat stres yang tinggi bisa memaksa tubuh Anda untuk menyerah, sehingga kekebalan menurun. Ini adalah salah satu efek paling negatif dari stres pada kesehatan.
  • Masalah Tidur: Tidur Terganggu, kali tidur tidak teratur, kurang tidur dan stres yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia, yang mengakibatkan kesehatan yang parah dan masalah perilaku.
  • Tekanan Darah Tinggi: Stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, menyebabkan begitu banyak masalah lain kesehatan. Gemetar bibir, tangan dapat diperhatikan biasanya karena stres yang berlebihan.
  • Perut Kesal: Gangguan perut sering dapat menyebabkan sakit maag dan masalah berat lain seperti gangguan pencernaan, sembelit terkait dengan disfungsi sistem pencernaan. Stres adalah alasan di balik ini.
  • Nyeri Dada: Ini adalah gejala umum dari stres yang berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah jantung.

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Daily Journal, Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

