Doktrin Manusia atau Kebenaran yang asli?

Cover FinalHmm… sebelumnya aku mengaku kalau tidak pintar membuka ayat Alkitab, kalau itu yang diharapkan dari pembaca tulisanku yang agak serius kali ini, mengenai doktrin manusia vs kebenaran yang asli.

Ada beberapa hal yang membingungkanku ketika duduk di gereja minggu lalu dan mendengarkan pembicaranya mulai mengambil alih waktu tersedia untuknya. Yaitu ketika beliau mengatakan bahwa: Keselamatan itu harus diusahakan.

Hmm… diusahakan seperti apa? Dan apakah manusia seperti kita-kita ini sanggup “mengusahakan” keselamatan supaya tidak hilang ketika kita meninggal nanti? Rasanya mustahil ya. 

Kalau kita baca dalam Wahyu 20:11-15
Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya. 

Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. 
Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. 

Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan apiItulah kematian yang kedua: lautan api. Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Kisah di atas adalah penglihatan yang didapatkan Nabi Yohanes, ia tuliskan, dan lalu kita baca di Kitab Wahyu dalam Alkitab.

Kalau dibaca dari situ, hanya SATU Kitab yang diperhitungkan ketika kita meninggal dan dihakimi nanti oleh yang empunya kehidupan. Yaitu KITAB KEHIDUPAN. Dan nama kita tidak akan bisa masuk ke situ lewat usaha kita. Remember that.

Ketika manusia jauh ke dalam dosa, Allah mengutus Anak tunggalnya Yesus menjadi korban tebusan dosa, SEKALI UNTUK SELAMANYA. 

Artinya, ketika manusia berdosa itu mengakui YESUS sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya, maka keselamatan kekal pun sudah diterima. 

Lalu yang diusahakan apa?

Dalam 1 hari saja, sulit untuk manusia tidak berdosa. Bohong kecil-kecilan. Marah mungkin, pikiran jahat, iri, dengki, pikiran kotor, apalagi? Bisakah kita sebagai manusia menjagai hidup ini untuk bebas dari dosa seperti itu walaupun hanya dalam 1 hari, yang “cuma” 24 jam. Lalu kalau tidak bisa, bagaimana mungkin manusia ini bisa MENGUSAHAKAN KESELAMATANnya?

Jawabannya: memang TIDAK BISA.

Keselamatan yang diterima ketika kita mengakui Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat pribadi, adalah murni ANUGRAH TUHAN.

Ketika mulai mencoba mengusahakan dengan berbagai cara, anehnya, kita semakin sadar bahwa kita selalu gagal. Coba ingat-ingat, waktu sedang puasa, berapa banyak orang yang mengesalkan dan membuat kita mengumpat? Atau waktu sudah bertekat tidak akan marah-marah, tiba-tiba ada saja yang menyulut kemarahan kita? Bertekat tidak berbohong, tiba-tiba ada saja pemicu supaya kita kembali berbohong? Bertekat berhenti menipu, tapi tiba-tiba uang habis karena ditipu teman? Semakin bertekat, semakin gagal. Itu kenyataan yang sering kita alami.

Lalu bagaimana?

Mudah dan simpel. Kita cukup berdoa meminta Tuhan membuat kita selalu SADAR bahwa DIA dengan anugrahNya yang ajaib itu selalu beserta dan berada bersama kita kemanapun kita pergi. 

Sayangnya banyak doktrin manusia yang diajarkan di gereja supaya kita HARUS ini, HARUS itu, SUPAYA INI, SUPAYA ITU, membuat kita terus mencoba dan mengusahakan, ketimbang berdoa dan bergantung penuh kepada TUHAN. 

Manusia lebih suka MELAKUKAN SESUATU yang rumit, ketimbang memahami bahwa TUHAN bukanlah pribadi yang suka bikin repot…. 

 

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Relationship. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s