ELEK-ELEK DULURMU DEWE!

Cover FinalDalam dunia ini, tidak ada yang sempurna. Itu kenyataan. Artinya, setiap pribadi punya kejelekan dan kebaikan. Begitu juga dengan yang namanya KELUARGA. Karena terdiri dari pribadi-pribadi dengan masing-masing kejelekan dan kebaikannya, maka jika dikumpulkan dalam satu KELUARGA, Keluarga itu pun akan punya kejelekan dan kebaikan yang dilihat oleh orang lain. SEMUA KELUARGA SAMA. 

Kalau pun ada yang terlihat serba baik, mungkin ini:

  1. perbandingannya sangat kecil alias hanya sedikiiittt dibanding jumlah keseluruhan keluarga dengan kejelekan dan kebaikan tadi.
  2. hanya tampak luar/topeng saja.

Nah, kalau sudah mengerti bahwa tiap keluarga ada kejelekan dan kebaikannya, maka sebagai pribadi-pribadi yang ada DALAM KELUARGA tersebut, sepertinya ini yang kudu kita lakukan:

  1. Sejelek-jeleknya keluarga-mu (atau keluarga-ku), CUMA KELUARGA-lah yang bersedia MENERIMA kamu (atau aku) APA ADANYA. Yang berarti menerima kamu (aku) dengan segala macam dan model KEJELEKAN-mu (kejelekan-ku), dan bisa tahan terus hidup bersama dengan-mu (atau ku). Jadi…
  2. Mbok JANGAN ditambahi makin jelek pandangan orang lain tentang KELUARGA-mu (atau keluarga-ku), gara-gara kelakuan dan sikap-mu (atau ku) yang jelek itu. Dan…
  3. JANGAN menjelek-jelekkan orangtuamu (ku) atau saudara-saudara sekandungmu (ku) di depan orang lain. Karena dengan begitu, kamu (aku) sudah menjelekkan DIRIMU (DIRIKU) SENDIRI.

Ayahku biasanya berkata begini, “Elek-elek yo dulurmu, Nak!” Kalimat itu terlontar kalau kami bersaudara terlibat konflik (bahasa bakunya), alias “tukaran” atau “berantem” (bahasa Jawa dan Jakarta-nya) jaman dulu waktu masih kecil. Kami diajar untuk akur, karena punya ikatan kuat berwarna merah darah. Yup! Ikatan sedarah-daging!

SADARLAH! SADARLAH!!

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s