Salut Buat Mbak-ku!

Cover FinalTadi pagi Mbak Ti cerita. Waktu dia mau beli makanan di warung dekat rumah, salah seorang stafnya tiba-tiba bilang gini:
“Maaf Bu…”
Jawabnya, “Lho aku mau beli kok!”

Asem! Rupanya Mbak-ku dikira mau minta2.
Tapi aku salut sama dia. Sebab dia sama sekali tidak tersinggung.
Luar biasa memang Mbakku ini! 

Aku jadi tahu bahwa orang lain tidak bisa merendahkan kita, kecuali diri kita sendiri.

Aku suka bingung dengan beberapa rekan, yang harga dirinya suka ketinggian. Ups… sorry to say. Faktanya adalah, kalau dimintai tolong untuk mengerjakan sesuatu, mendadak tersinggung dan mengeluarkan kata-kata yang kurang enak didengar karena nadanya yang tinggi. Kesimpulanku satu. Orang itu tersinggungan, alias gampang tersinggung.

Dan analisaku satu. Orang itu mungkin sering direndahkan orang lain, padahal dia ingin ditinggikan. Jadi nggak imbang. Akibatnya itu. Ketika orang lain tidak sedang ingin merendahkan, dia sudah mem-protect dirinya sedemikian rupa, salah satu caranya dengan bersikap “tersinggung” tadi.

Padahal, tidak ada loh satu orang pun yang bisa merendahkan dia, kecuali dirinya sendiri. Justru dengan bersikap “tersinggungan” seperti itu, orang akan berpikir bahwa “Oh, orang ini ketinggian menaruh harga dirinya… Kasihan..”

Buat aku, bekerja apapun asalkan halal, pasti akan kukerjakan. Tidak peduli setinggi apa jabatan yang dilekatkan orang, mau tinggi atau rendah, seharusnya aku mau dan rela mengerjakan apapun, sekalipun memang di luar area deskripsi pekerjaan/jobdes yang ada. Aku tidak malu mencuci gelas, mangkok, sendok, garpu, selagi memang tidak ada OB/OG. Karena buatku, kebersihan itu penting. Aku bukan orang yang jorok. Jadi “berfungsi” dengan baik, jauh lebih mulia ketimbang punya jabatan tinggi tapi “ketinggian”. Atau bahkan belum punya jabatan tapi sudah “ketinggian”… x_x

Aku tidak malu mengambil plastik sampah yang sudah penuh dari dalam ruangan dan membuangnya ke tong sampah di luar gedung, kalau memang sudah harus dibuang. What else? Apapun. Sebab harga diriku tidak pernah diukur dari apa yang kukerjakan. Dan tidak ada orang lain yang bisa merendahkanku, kecuali DIRIKU SENDIRI.

Kata seorang teman dengan lantang, “Yang suka tersinggung itu……. kampungan!!”😀

Salut buat Mbakku!

Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan. (Lukas 14:11)

About Inspirations

Hi. I am just an ordinary person who loves to write.
This entry was posted in Relationship. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

